Sejarah Peminatan : Peradaban Awal Manusia Pra-Aksara Di Eropa

Sejarah Eropa dimulai dari sejak manusia pertama menghuni daratan Eropa pada zaman pra-aksara hingga saat ini.

Untuk peradaban di Eropa, manusia mulai masuk ke Eropa pada Zaman Batu Tua (Paleolitikum).
Penerapan sistem pertanian sekitar tahun 7000 SM mengantarkan manusia masuk Zaman Batu Muda (Neolitikum).
Neolitikum di Eropa berlangsung selama 4000 tahun bersamaan dengan tersebarnya budaya penggunaan logam ke seluruh benua.

Kemajuan teknologi selama zaman pra-aksara datang melalui orang-orang Mediterania, yang menyebar secara bertahap ke arah barat laut.
Beberapa peradaban paling terkenal dari Eropa adalah peradaban Minoa dan Mykenai, yang berkembang selama Zaman Perunggu sampai keruntuhan Zaman Perunggu dalam waktu yang singkat sekitar tahun 1200 SM.

Fosil manusia purba yang ditemukan di Eropa diantaranya adalah Homo Neanderthalensis. Nama itu mengandung arti “manusia Neanderthal”.Manusia jenis ini ditemukan oleh Rudolf Virchow. Fosil ini ditemukan di lembah Neader, Jerman pada tahun 1856. Fosil ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

· Tengkorak yang memanjang ke belakang
· Tulang kening yang sangat menonjol
· Dahi yang datar, muka lebar, dan telah memiliki otak yang besar


Selain di Jerman juga ditemukan di Gua Spy Belgia. Di Prancis ditemukan manusia Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis. Selanjutnya ditemukan manusia purba Australopithecus dan Homo Cro Magnon. dengan ciri-ciri antara lain :

· Kapasitas otak 600cc
· Hidup di lingkungan terbuka
· Memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter.

Di Perancis ditemukan fosil manusia purba yang diberi nama Cromagnonensis, Grimaldi, dan Chancelade. Dengan ciri-ciri antara lain :

Ciri-ciri fisiknya sebagai manusia modern, yaitu tengkoraknya tinggi dengan atap dan belakang tengkorak yang bundar
Memiliki volume otak sekitar 1400 cc
Ukuran tubuhnya rata-rata 1,65 meter
Tonjolan tulang kening telah hilang, dahinya vertical, mukanya datar tanpa penonjolan pada bagian mulut.
Ukuran rahang dan giginya sebagai alat pengunyah telah menyusut, serta dagu tampak nyata

Di Inggris ditemukan fosil manusia purba yang diberi nama Piltdow. Umumnya fosil-fosil yang ditemukan berupa kerangka manusia lengkap. Di dekat lokasi penemuan fosil-fosil tersebut ditemukan pula alat-alat dari batu dan tulang. Alat-alat dari batu dan tulang ini merupakan hasil kebudayaannya. Alat-alat tersebut dipergunakan manusia purba ketika masih hidupnya. Peralatan tersebut meliputi alat memancing, berburu, proyektil, serta dan membuat teknologi baru.Hal ini menunjukkan bahwa manusia purbanya telah berkebudayaan.

Pola tempat tinggal manusia purba pada masa itu memperhitungkan tempat yang strategis dengan melihat bahwa huniaanya yang berupa gua (cave) dekat dengan sumber mata air dan bahan makanan dengan prinsip berpindah-pindah dengan berkelompok dalam skala kecil.


Beberapa spekulasi yang diduga berkaitan dengan kepunahannya adalah Neandhertal mati dibunuh oleh manusia modern, atau karena Homo Sapien lebih banyak dan aktif bereproduksi. Spekulasi lainnya adalah tiga kali letusan gunung berapi sekitar 40.000 tahun yang lalu di daerah Italia dan Pegunungan Kaukasus telah menyebabkan kepunahan Neandhertal. (dari berbagai sumber)

Oleh :

1. Bima Aji K (08)
2. Chandraka Rahsa K (10)
3. Dea Novianingrum (11)
4. Intan Salfa Zahira R P (17)
5. Pertiwi Oktavia S (22)
6. Sekar Milagusta (25)
7. Taufiq Ramadhan (27)
8. Widya Wati (28)
9. Widya Sari P (29)

0 comments: